Memperbaiki Lazy Pixel pada Smartphone Android

Layar smartphone masa kini semakin lama semakin canggih. Ukuran layar semakin lebar, jumlah pixel semakin banyak.

Pixel adalah bagian terkecil dari suatu display, ibarat sel pada tubuh.


Apabila suatu layar memiliki resolusi 480 x 800 pixel, ini artinya pada baris horizontal nya memiliki 480 pixel dan pada bagian vertikal nya memiliki 800 pixel.

Semakin tinggi resolusi suatu layar, maka gambar yang ditampilkan pada layar tersebut akan semakin halus dan tajam. Dan tentunya akan semakin nyaman dan bagus untuk dilihat.

‘Penyakit’ pada pixel

Ada 2 penyakit yang umum ditemui pada layar yang berbasiskan pixel, yaitu Lazy Pixel / Stuck Pixel dan Dead Pixel.

  • Lazy Pixel / Stuck Pixel adalah suatu keadaan dimana sebuah pixel (atau lebih) terkunci pada satu warna tertentu (biasanya merah). Pixel malas untuk berubah dan tidak mau berganti ke warna yang seharusnya ia tampilkan. Sehingga (misal) pada layar / gambar warna hitam, akan terlihat satu titik yang berwarna merah (atau warna lain dimana pixel tersebut terkunci). Untuk yang matanya jeli akan bisa melihat anomali ini dengan jelas. Akan lebih mudah terlihat apabila layar sedang menampilkan tampilan berwarna hitam atau gelap.
  • Dead Pixel, adalah suatu keadaan dimana pixel tidak menampilkan warna apapun, sehingga hanya akan terlihat berwarna hitam. Akan terlihat jelas pada layar yang sedang menampilkan tampilan berwarna putih atau terang.

Untuk Lazy Pixel / Stuck Pixel masih bisa diselamatkan, karena pixel masih ‘hidup’ hanya malas untuk bergerak. Tetapi bila kondisinya sudah Dead Pixel, maka sudah tidak ada yang bisa dilakukan. Sebaiknya anda melakukan servis atau penggantian unit apabila masih ada garansi.

‘Pengobatan’ Lazy Pixel / Stuck Pixel

Sesuai judul artikel ini, berikut adalah salah satu cara memperbaiki Lazy Pixel / Stuck Pixel pada smartphone berbasis Android.

Yang perlu anda lakukan adalah :

  • Download aplikasi Dead Pixel Tesy and Fix melalui Play Store
  • Jalankan aplikasi tersebut
  • Ada 2 fitur penting dari aplikasi ini yaitu “Check Dead Pixels” dan “Fix Dead Pixels”

  • Check Dead Pixel berfungsi untuk mengecek apakah layar kita mengandung pixel yang bermasalah atau tidak. Metodenya adalah menampilkan layar dengan satu warna penuh secara bergantian. Apabila di layar terlihat pixel yang warnanya berbeda dengan warna background yang sedang ditampilkan, maka itu adalah pixel yang bermasalah.
  • Pilihan Auto dan Manual membedakan proses pergantian warna di layar. Pada pilihan Manual, warna di layar akan berganti apabila kita menyentuh layar. Sedangkan pilihan Auto, warna-warna tersebut akan berganti otomatis.

  • Fix Dead Pixels adalah fitur yang akan mencoba memperbaiki pixel yang bermasalah tersebut.
  • Pilihan Start dan Start On Time akan membedakan proses perbaikan pixel. Pada pilihan Start, maka proses perbaikan akan berjalan terus menerus sampai kita menghentikannya dengan menyentuh layar. Sedangkan pilihan Start On Time memberikan kita pilihan untuk mengatur berapa lama proses perbaikan dijalankan.

  • Jalankan proses perbaikan berdasarkan tingkat permasalahannya. Disarankan minimal 10 menit.
  • Apabila masih ada, jalankan kembali prosesnya selama 20 menit, dan periksa kembali. Ulangi terus sampai pixel malas sudah hilang.

Metode dari aplikasi ini adalah memaksa pixel yang malas untuk kembali aktif dengan menampilkan seluruh warna yang tersedia secara cepat dan bergantian. Mungkin bisa disamakan dengan mendorong mobil yang mogok agar bisa start.

Semoga tips ini bisa membantu


39 thoughts on “Memperbaiki Lazy Pixel pada Smartphone Android

    1. Kalau seperti itu sepertinya bukan pixel lagi yang bermasalah. Melainkan LCD nya atau konektor LCD nya. Di bawa ke service center aja untuk dicek

  1. ak baru beli xperia L, pulang ak cek tes display warna hitam, ada titik putih 1..lumayan jelas kalo liat seksama ..ada 4 titik warna putih dan sdikit merah tp gak jelas banget, kalo display hitam full, kita pelototin di ruang gelap, kliatan tuh.
    ak pgen pake aplikasi ini, ada efek nya nggak? habis ak pake malah pixel di lcd malah error gimana? thz saran nya

    1. Seharusnya aplikasi ini tidak menyebabkan masalah…dan karena baru beli, apabila ada masalah bisa langsung klaim garansi nya…

  2. sip sukses gan,brightnesnya dipaling terang cb dl 3mnt,trs liat dibackground item,kl msh ada cb restart,cb cek lg,kl masih keliatan,cb diperpanjang waktunya

    1. Pixel yang error warnanya apa? Kalau di background putih dia warnanya hitam, artinya itu pixel sudah mati…alias Dead Pixel, dan tidak bisa disembuhkan dengan aplikasi ini.
      Apabila berwarna merah, pink, atau warna lain, bisa dicoba seperti cara FAREL. Set brightness ke paling terang, dan jalankan proses selama 3 menit, setelah itu resart Xperia anda. Kalau masih ada, coba diperpanjang waktu prosesnya menjadi 5 menit atau lebih, kemudian restart dan cek lagi.

  3. Gan kalo ane dalam jumlah banyak. Maksudnya apabila layar gelap nanti banyak titik titik kecil yang bertebaran di layar. Itu namanya lazy pixel ?

    1. Lazy pixel atau bukan biasanya tergantung dari warna pixel itu sendiri. Kalau pixel-pixel tersebut masih memiliki warna, misalnya pink, kuning, hijau, merah, itu seharusnya masih masuk ke kategori lazy pixel, dan aplikasi ini bisa membantu mengaktifkan pixel-pixel itu kembali dan menampilkan warna dengan benar. Kalau warna pixel tersebut hitam, kemungkinan besar pixel tersebut sudah mati atau biasa disebut dead pixel. Kerusakan ini biasanya bersifat permanen.

  4. Mantap gan…awalnya hape saya kalo ada gambar atau wallapper hitan suka keluar titik” putuh kayak garis”. Setelah coba aplikasi itu, garis” putihnya dah ilang gan. Makasih banyak gan

  5. halo mau tanya.. ini aku ada trouble sm warna hitamnya di samsung a5 2016.. setiap liat background hitam di foto atau di video warna hitamnya jadi kaya memudar atau kaya kena efek negatif gitu.. itu bisa gunain metode yg agan kasih ga?? mau coba masih agak takut.. thx

    1. Sebaiknya dicoba saja, karena aplikasi ini dan sejenisnya tidak menimbulkan masalah terhadap layar. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan menampilkan seluruh spektrum warna secara bergantian dan dengan cepat. Sehingga memaksa pixel yang stuck atau diam di satu warna tertentu untuk bisa aktif kembali dan menampilkan warna dengan benar

    1. Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua HP Android. Berhasil atau tidaknya aplikasi ini menghilangkan lazy pixel di layar, tergantung dari tingkat gangguan pixel itu sendiri. Kalau sudah berkali-kali digunakan tetapi tidak ada perubahan, maka pixel tersebut bisa dibilang sudah mati atau menjelang mati. Biasanya dead pixel / pixel mati itu berwarna hitam atau putih

  6. nanya kak. hp oppo f1 plus aku tiba2 berubah warna jd hijau gt. trs pinggirnya putih gt knp ya? pdhl gk ada jatuh.. sempat di matikan hpnya agak lama. trs pas di nyalain normal lg. klo pake agak lama muncul lg. mohon solusinya..

  7. kalo dihp ane ada titik putih kecil dilayar hp keliatanya kalo pas kecerahan layar tinggi sama kalo lagi warna hitam.kira kira bisa dibenerin gk ya?kata temen ane itu pengaruh tg

  8. Gn saya mau nanya.. di hap ki max say klo dia tampilin walpaper putih polos saya ada liat bercak putih kecil seperti lingkaran kecil kli..tapi harus diliat teliti baru keliatan.. tetapi kalo saya ganti walpaper ke warna hitam.. bercak putih tadi gak ada sama sekali alias normal.. apa masalah di hp saya ya gan?

  9. Mau tanya kalo pas di keadaan layar yang terang ada titik putih tapi pas keadaan gelap gak ada itu masuknya lazy pixel apa dead pixel terimakasih…

  10. Gan punya saya di lenovo a6000 ga ngaruh? gimana solusinya gan, ada bintik2 nya putih terang dulu cuma satu sekarang tambah

Leave a comment